Penjelasan Framework Dan Konsep MVC

Salam Blogger sobatku.....
konsep mvc

Framework

Mari kita belajar kelompok lagi untuk menambah wawasan. Kali ini kita akan bahas mengenani apa itu Framewor dan Konsep MVC yang umum di pakai di kalangan developer khususnya aplikasi berbasis WEB.

Framework kalau saya pribadi itu mengartikan adalah sebuah kerangka kerja yang di dalamnya sudah berisi fungsi-fungsi serta class-class yang siap pakai dengan tujuan mempermudah dan mempercepat programer dalam pembuatan aplikasi, tapa harus membuatnya dari fungsi awal.

Kelebihan Framework :
  1. Cepat serta mudah untuk pembangunan program
  2. Proses maintenace yang relatif mudah
  3. Menggunakan konsep MVC
  4. Pengembangan yang bebas daripada CMS
Sekarang sudah banyak sekali Framework yang di pakai oleh programer dan itu tinggal pilihan anda, mana yang menurut anda itu lebih mudah anda gunakan. Contoh framework antara lain CodeIgniter, YiiFramework, ZendFramework, Cake PHP dan Panada Framework.
Dan mungkin berikutnya Framework kreasi anda yang akan masuk daftar, hehehhe.......:)

Konsep MVC

MVC atau ( Model - View - Controller ) merupakan cara atau konsep yang biasa digunakan oleh para programmer dalam pembuatan program yang terstruktur. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi.

Komponen utama dalam MVC :
  1. Model : digunaka sebagai coresuatu program, dan biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data atau CRUD ( create, read, update, delete ).
  2. View : merupakan bagian yang menangani tampilan suatu program yang berhubungan langsung dengan user. Dan biasanya pada suatu aplikasi web bagian ini berisi file template html yang diatur oleh controller. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.
  3. Controller :  merupakan bagian yang mengatur hubungan antara Model da View, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
Denga menggunak Konsep MVC tersebut maka suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai kemampuan developernya. Programer yang menangani bagian Model dan Controller, sedangkan Designer yang menangai View. Dan yang terpenting adalah saling kerjasama natar anggota tim. Karena itu merupakan bagian dari kunci kesuksesan.

Salam Blogger Newbie Reog City.

1 komentar :

tombol share icon
tombol kembali ke atas
Wait . . . !!!
tampilan ads aktif