Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop / PC Yang Error Dan Macet


Selamat Malam,

Kali ini penulis ingin berbagi informasi tentang cara memperbaiki Kerboard Laptop yang macet di salah satu tombolnya. Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis yang mengakibatkan menguras pikiran dan dengan terpaksa berhenti belajar coding karena Laptop macet.

Keyboard merupakan perangkat keras komputer yang masuk pada kategori Input. Keyboard terdiri dari tombol-tombol alfabet (a-Z), dan ada uga yang menyertakan tombol-tombil angka (0-9).

Pernahkah salah satu dari tombol Keyboard Anda rusak, atau macet. Jika pernah mungkin artikel ini sedikit membatu, tapi jika belum pernah bersyukurlah.

Komputer diciptakan dengan design dan system yang canggih, jadi jika salah satu komponen ada yang error, maka secara langsung akan merespon yang lain untuk ikut error. Begitupun dengan keyboard, walaupun hanya satu tombol yang error maka dipastikan Laptop anda akan mengalami gangguan.

Penyebab tombol keyboard Error atau Macet :
  1. Ada kotoran yang masuk kedalam tombol.
  2. Debu yang mengotori PCB
  3.  Terkena sedikit tumpahan air
  4. Pengaruh usia laptop yang lama.

Berikut diantara ciri-ciri Tombol keyboard ada yang macet :
  1. Saat mengetik tombol tidak terjadi input pada text layar.
  2. Tombol tertekan terus.
  3. Terdengan bunyi beep yang panjang.
  4. Saat akan booting masuk windows, harus memencet salah satu tobol
Jika sobat mengalami salah satu gangguan diatas, janganlah panik. Mungkin artikel ini bisa menjadi referensi anda. Yang anda perlukan adalah bersabar dan teliti.

Solusi mengatasi tombol error atau macet :

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepas sumua catu daya yang terhubung ke Laptop / PC untuk mengantisipasi terjadinya konsleting.

1. Beri sedikit setikan dengan jari pada tombol keyboard yang macet ( kalau kurang puas boleh anda pukul tombol yang macet tersebut ).
Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menggangu atau menggajal tombol.

Jika cara diatas tidak berhasil silakan coba cara ke-dua.

2.a. Lepas tombol yang macet dari dudukannya dengan cara memaksa mencungkit atau menarik keatas dengan jari kuku atau benda lain yang mampu melakukan hal tersebut, ingat ini perlu kesabaran dan harus hati-hati.
2.b. Setelah tombol terlepas silakan bersihankan bagian dalam tombol yang macet tersebut dangan tisu atau tiup-tiup untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
2.c. Anda juga dapat membersihkan bagian plat tombol dengan cutter atau perlas halus.
2.d . Jika semua yakin sudah dilakuakan dengan benar maka silakan anda kembalikan posisi tombol seperti semula dan jangan sampai terbalik atau tertukar dengan tombol lainnya.

Inilah sedikit trik cara memperbaiki Keyboard Laptop anda yang macet atau error, jika cara diatas tidak berhasil. Kemungkinan terburuk adalah anda harus mengganti Keyboard Laptop anda dengan yang baru.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

tombol share icon
tombol kembali ke atas
Wait . . . !!!
tampilan ads aktif